Alasan Ilmiah Anak Anda Membenci Makanan Hijau

filsafat makanan sederhana: Jika mereka tidak menikmati makan sesuatu, mereka tidak akan. Ini bukan pendekatan yang menyisakan ruang untuk argumen tentang keutamaan sayuran - banyak frustrasi orangtua yang mencoba memberi makan anak-anak mereka diet seimbang, hanya untuk menemukan diri mereka menggores kembang kol yang belum dimakan ke wastafel atau mengumpulkan kacang polong dari sudut jauh dari dapur.

Pilih-pilih makanan dapat bermanifestasi dalam berbagai cara dan pada berbagai usia, tetapi sebuah review baru-baru ini menemukan bahwa anak-anak yang pilih-pilih secara konsisten makan lebih sedikit sayuran daripada rekan-rekan mereka yang lebih berpikiran terbuka. Tahun-tahun balita sangat sulit, ketika anak-anak mengembangkan otonomi yang lebih dan mulai memiliki perasaan yang kuat tentang apa yang ada di piring mereka: "Semua anak melewati beberapa jenis fase makan pilih-pilih sekitar usia dua," kata Klazine van der Horst, seorang peneliti nutrisi di Universitas Ilmu Terapan Bern di Swiss.

Sebagian, masalahnya dimulai saat lahir. Bayi secara alami tertarik pada rasa manis (seperti ASI) dan yang asin, kata Pauline Emmett, seorang ilmuwan nutrisi di University of Bristol, yang menambahkan bahwa "mereka tidak begitu tertarik pada rasa asam dan pahit," yang dapat muncul dalam buah-buahan dan sayuran. Sayuran hijau biasanya memiliki catatan pahit, itulah sebabnya wortel sering kali lebih mudah dijual daripada kangkung.

Makanan Hijau

Menghargai rasa asam dan pahit dipelajari dari waktu ke waktu, kata Emmett, tetapi anak-anak tertentu mungkin secara alami lebih sulit bergulat dengannya. Satu studi tahun 2017 dari University of Illinois di Urbana-Champaign menemukan bahwa dua varian gen yang terkait dengan mencicipi rasa pahit lebih umum terjadi pada anak-anak prasekolah pemilih. "Gen yang terkait dengan rasa atau persepsi kemosensor mungkin memainkan peran" dalam cara anak-anak makan, kata penulis studi utama Natasha Chong Cole, yang sekarang menjadi peneliti nutrisi di Baylor College of Medicine. “Yang seharusnya memberikan kelegaan kepada orang tua. Itu bukan kesalahan mereka! "

Pada saat yang sama, Cole menambahkan, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang tua dapat memperburuk pola makan pilih-pilih.

Masalah terbesar adalah menekan anak-anak untuk makan apa yang ada di depan mereka. Penelitian telah mengaitkan mengendalikan perilaku makan, termasuk mendorong anak-anak untuk makan lebih banyak dan menggunakan makanan sebagai hadiah, untuk memilih-pilih makanan. Tentu saja, orang tua mungkin menekan anak-anak mereka karena mereka menolak makan malam mereka. Tetapi penelitian menunjukkan "lingkaran setan," kata Cole: Anak-anak rewel tentang makanan mereka; orang tua meminta, membujuk, dan menyuap mereka untuk dimakan; anak-anak belajar membenci makanan.

Sebuah studi terhadap ribuan keluarga di Inggris mendukung gagasan ini. Jika seorang anak "pilih-pilih" pada 15 bulan - dan jika ibu anak itu mengatakan dia sangat khawatir tentang hal itu - anak itu memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk menjadi "sangat pilih-pilih" pada usia tiga daripada jika ibu tidak khawatir tentang mereka kebiasaan makan sebelumnya.

Penelitian belum menemukan bukti yang konsisten bahwa pilih-pilih makanan mempengaruhi pertumbuhan anak dalam jangka panjang. "Mereka tidak akan kelaparan," kata Cole. Dia menambahkan bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, anak-anak memiliki pembatasan makan sehingga keluarga mereka membutuhkan bantuan dari dokter, tetapi anak-anak dengan rasa pilih-pilih taman umumnya akan tumbuh sendiri.

Anak Anda mungkin juga kurang pilih-pilih dari yang Anda kira. Satu penelitian terhadap bayi dan balita Cina menemukan bahwa uraian orang tua tentang kebiasaan makan anak-anak mereka yang cerewet tidak sesuai dengan kenyataan, dan anak-anak yang digambarkan sebagai pemilih pilih-pilih sama seperti anak-anak yang tidak pilih-pilih. "Seringkali tidak ada perbedaan yang jelas dalam asupan nutrisi yang ditemukan" antara yang diduga pilih-pilih dan yang tidak suka makan, kata van der Horst. Kami bahkan tidak memiliki definisi objektif untuk memilih-pilih makanan; kebanyakan studi bergantung pada persepsi orang tua.

Terlepas dari seberapa pemilih anak Anda sebenarnya, para ahli memiliki saran untuk mendorong anak-anak untuk makan makanan yang lebih luas - termasuk makanan hijau.

Begitu bayi mulai makan makanan padat, sekitar enam bulan, Anda harus memaparkannya pada berbagai rasa dan tekstur, kata Emmett. Jangan khawatir jika mereka mengerutkan wajah kecil mereka sebagai tanggapan. Menunggu beberapa bulan lagi untuk memberi bayi buah dan sayuran akan membuat mereka lebih sulit untuk belajar menyukai rasa itu.

Ketika anak-anak lebih besar, biarkan mereka membantu memetik sayuran di toko bahan makanan, kata van der Horst. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melibatkan mereka dalam memilih resep dan menyiapkan makanan dan membatasi makanan ringan untuk memastikan anak Anda datang ke meja lapar.

Saat makan, kapan pun memungkinkan, duduklah bersama anak Anda dan makan makanan yang sama seperti yang Anda inginkan. "Anda tidak bisa mengharapkan mereka belajar cara makan dengan benar jika mereka tidak punya contoh," kata Emmett. Cole juga bersikeras tentang ini: "Satu keluarga, satu kali makan," katanya. “Semua orang harus makan hal yang sama.” Anda bisa membuat makanan lebih ramah anak dengan memulai dengan porsi kecil dan dengan menawarkan pilihan di piring, seperti dua sayuran daripada satu.

Dan jika anak Anda bukan penggemar apa yang Anda siapkan, cobalah untuk tidak stres. Mungkin dibutuhkan selusin atau lebih paparan makanan sebelum seorang anak ingin memakannya, kata Cole. Sementara itu, jangan menekan mereka, jangan bangun untuk membuat keju panggang sebagai gantinya, dan jelas jangan menyuap mereka dengan hidangan penutup.

Cole mengakui bahwa para peneliti dapat dengan mudah mendikte aturan makan ketika mereka tidak memiliki anak sendiri. Sekarang, setelah memiliki pelontar makanan berusia 16 bulan di rumah, Cole mengatakan bahwa ia memiliki apresiasi yang lebih dalam atas apa yang orang tua hadapi: "Ketika Anda masuk ke parit — laki-laki, itu benar-benar sulit."